Share, , Google Plus, Pinterest,

Posted in:

Manfaat Mainan Squishy

© by istimewa

Squishy merupakan salah satu mainan yang diakui bisa menstimulasi atau merangsang anak-anak untuk menggunakan panca indranya.

Ada 5 panca indra yang dimiliki oleh manusia, yaitu penglihatan melalui mata, penciuman melalui hidung, pendengaran melalui telinga, perabaan melalui kulit, dan perasa atau pengecapan melalui lidah.

Melalui mainan squishy ini, ada 3 indra yang dapat distimulasi, yaitu:

  1. Indra Penglihatan. Penglihatan akan terstimulasi dari berbagai bentuk dan warna yang tersedia. Seperti diketahui squishy memiliki bentuk yang beraneka ragam seperti bentuk boneka atau karakter favorit anak-anak, bahkan berbentuk makanan seperti kue, roti, donat, dan sebagainya, dengan aneka warna yang berbeda.
  2. Indra Peraba. Indra peraba ini akan terstimulasi melalui tekstur squishy tersebut yang berbentuk spons. Berbahan halus dan lembut. Sehingga ketika batita memegangnya, maka indra perabanya pun terstimulasi.
  3. Indra Penciuman. Mainan squishy memiliki variasi aroma dan disukai oleh anak-anak. Melalui aroma tersebutlah maka indra penciuman batita akan terstimulasi.

Cuci Tangan Setelah Bermain
Mainan seperti squishy atau yang lainnya, ketika dimainkan bisa menstimulai panca indra batita, maka akan menjadi mainan yang baik untuk batita. Hal itu menjadi penting, mengingat ketika anak terstimulasi dengan baik panca indranya, maka perkembangan otaknya juga akan optimal dan hal ini akan memengaruhi perkembangan fisik, kognitif, dan sosial dalam diri anak kelak.

Mainan squishy dapat dimainkan oleh siapa saja dan pada anak yang berada dalam kondisi sehat. Namun, ada hal penting yang perlu diperhatikan oleh orangtua, yaitu tetap menjaga kebersihan anak dengan mencuci tangannya setelah bermain. Hal itu dikarenakan mainan squishy terkadang meninggalkan residu seperti sisa cat dan bila kondisi anak kurang fit maka dapat memengaruhi kesehatannya. Deppy/Ares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*