Share, , Google Plus, Pinterest,

Posted in:

Dampak Negatif Gadget Pada Anak

dampak negatif gadget© by shutterstock

Pada era serba digital seperti sekarang ini, gadget tak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Benda tersebut memberi manfaat untuk berkomunikasi, bekerja, termasuk sisi hiburan yaitu games.


Tak dapat dipungkiri, pengguna gadget bukan hanya orang dewasa saja. Anak-anak pun ‘jatuh cinta’ dengan benda tersebut. Lantas, apa saja sebenarnya dampak negatif gadget pada buah hati Anda?

Pengaruh Gadget pada Anak

  • Menyebabkan Radiasi.
    Menurut suatu riset, paparan radiasi dari gadget sangat berbahaya bagi kesehatan dan perkembangan anak. Radiasi gadget sangat berisiko mengakibatkan gangguan terhadap perkembangan otak dan sistem imun anak.
  • Kecanduan
    Kecanduan atau ketergantungan tentunya akan berdampak negatif terhadap perkembangan fisik dan motorik anak. Ketika si kecil asyik bermain gadget, biasanya ia jadi lupa makan sehingga asupan nutrisi untuk menunjang pertumbuhannya terganggu. Selain itu, kecanduan gadget juga akan berdampak terhadap kepribadian anak sehingga lebih cenderung memiliki sifat tertutup dan tidak bersosialisasi.
  • Hambatan Perkembangan.
    Anak-anak yang memiliki ketergantungan dengan gadget cenderung akan mengalami hambatan dalam proses perkembangannya. Hal ini karena anak-anak yang asyik bermain gadget jarang bergerak sehingga menghambat proses pertumbuhan.
  • Penyakit Mental.
    Penggunaan gadget yang tidak terkontrol dan terus-menerus bisa menjadi salah satu pemicu penyakit mental seperti depresi, gangguan bipolar dan autis.
  • Obesitas.
    Selain menghambat pertumbuhan, anak-anak yang terlalu asyik bermain gadget sangat berisiko mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Hal ini disebabkan anak-anak cenderung kurang bergerak sehingga terjadi penumpukan lemak tubuh yang mempercepat kenaikan berat badan secara berlebihan.
  • Gangguan Tidur.
    Permainan di dalam gadget biasanya membuat anak asyik berjam-jam melakukannya, akibatnya waktu tidur si kecil terganggu. Dalam hal ini, peran penting Anda sebagai orangtua sangat dibutuhkan untuk mengontrol penggunaan gadget.
  • Kemungkinan Terpapar Tayangan Pornografi.
    Terkadang tanpa Moms sadari, anak-anak membuka situs online yang mempertontonkan tayangan yang tidak seharusnya untuk mereka lihat. Oleh karena itu, Anda sebagai orangtua harus bersikap bijak dan sebaiknya tidak memberikan koneksi internet pada waktu si kecil menggunakan gadget. Zulfa/Ares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*