Share, , Google Plus, Pinterest,

Posted in:

Bayi Baru Lahir Perlu Mandi?

newborn baby© by depositphotos

Mandi adalah kegiatan mencuci tubuh untuk menghilangkan bau, debu atau sel kulit mati. Mandi bermanfaat untuk memelihara kesehatan, menjaga kebersihan, serta mempertahankan penampilan agar tetap rapi.

Lalu, bagaimana dengan bayi baru lahir, apakah mandi menjadi salah satu kegiatan yang harus dilakukan? Mengingat belum banyak aktivitas yang dilakukan. Kalaupun tidak dimandikan, apakah bayi akan tetap bersih?

Mandi ‘Perdana’ Pascalahir
Sebenarnya bayi yang baru saja dilahirkan BELUM perlu dimandikan. Pasalnya kulit bayi diselubungi oleh lapisan pelindung lemak yang berfungsi menjaga temperatur tubuh bayi agar tetap stabil. Justru memandikan bayi terlalu dini dapat meningkatkan risiko hipotermia, gangguan pernapasan, dan meningkatkan kebutuhan oksigen.

World Health Organization (WHO) merekomendasikan mandi ‘perdana’ bayi setelah dilahirkan yaitu pada usia 6 jam atau setelah tanda vital dan temperaturnya stabil. Hal ini memberikan kesempatan bayi beradaptasi dengan lingkungan di luar rahim, sekaligus memberikan waktu bonding antara ibu dan bayi.

Sementara American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan bahwa selama tali pusat belum lepas atau puput, sebaiknya bayi hanya diseka, BUKAN dimasukkan ke dalam ember mandinya. Sebab bila tali pusat basah, perlu waktu yang lebih lama untuk menjadi kering dan kemudian puput. Hal ini juga dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi pada tali pusat.

Tetap Dibersihkan!
Seperti dikatakan oleh AAP, sebelum tali pusat lepas, bayi sebaiknya tidak dimandikan. Namun, bukan berarti tidak dibersihkan. Moms dapat membersihkannya dengan cara menyeka seluruh tubuhnya. Pertama-tama seka bagian wajah menggunakan kain lap yang berserat halus dan tidak kasar. Basahi kain tersebut dengan air tanpa menggunakan sabun. Kemudian seka seluruh tubuhnya mulai dari lipatan ketiak, belakang telinga, sekitar leher, dan terakhir area sekitar genital serta anus. Saat menyeka atau membersihkan tubuh bayi boleh dilakukan di tempat tidur atau di atas meja, namun jangan lupa beri alas dengan selimut atau handuk. Deppy/Ares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*